Sabtu, 09 April 2011

6 Rekomendasi Untuk Pemda Torut

kabar toraja.com - Toraja Utara (Torut), adalah satu dari puluhan kabupaten di Sulawesi Selatan (Sulsel) yang paling unik. kebudayaannya yang terkenal sampai kemancanegara membuat wisatawan nun jauh disana datang untuk berkunjung. Selain itu, Torut adalah kabupaten paling muda diantara 'saudaranya' yang lain. Baru saja pilkada telah berlalu dan sebentar lagi bupati terpilih segera dilantik.


Menyoal tantangan kedepan sebagai kabupaten yang baru saja mekar, ibarat pemuda tanggung baru akil baliq, perlu gerakan progres agar mampu  seiring  berjalan dengan 'saudara' nya yang lain.

Pemerhati masalah sosial dan budaya asal Torut, Ritha Pakan, berpendapat, siapapun yang memimpin nanti, Good and Clean Government  selekasnya diterapkan. Dengan demikian kualitas pelayanan, peningkatan kapasitas aparat pemerintah maksimal pada rakyatnya. "Jika itu dilaksanakan mulai kecamatan sampai lembang (desa_ Red) outputnya positif," jelas putra daerah ini.

Ritha berpendapat, jika Torut ingin maju, Pemerintah Daerah Torut (Pemda) setidaknya  melakukan 6 hal, yakni:
1. Manajeman keuangan yang profesional.
2. Maksimalisasi fungsi dinas-dinas maupun struktural didalamnya.
3. Perhatian yang lebih pada pembangunan  Sumber Daya Manusia (SDM).
4. Memperkuat kerjasama antar pemerintah daerah lainnya.
5. Memperkuat koordinasi ke pemerintah pusat.
6. Menjaga etika politik.

(papa Okira)

0 komentar:

Entri Populer

Apakah Yang Harus Di Lakukan Oleh <br>Bupati baru Terpilih Toraja Utara

Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
Rantepao, Sulsel, Indonesia
Sebagai persembahan kami dari anak-anak muda yang setiap harinya 'bergelut dalam "dunia rimba" belantara jurnalistik yang tidak bisa hanya duduk manis dan mengkritik saja tanpa berbuat apapun, maka dengan ini kami persembahkan "secuil' sumbangsih kami untuk sedikit berbuat mendorong majunya daerah Toraja melalui Portal berita kabar toraja yang beralamat di www.kabar-toraja.com. Kami ingin menjadi media alternatif yang ikut dalam proses menumbuhkembangkan kebangsaan Indonesia di tengah-tengah masyarakat terkhusus Tana Toraja. Oleh karena itu, kabartoraja.com memiliki fokus pada penyediaan informasi dan pembukaan ruang diskusi bagi gagasan-gagasan yang akan mendorong terjadinya perkembangan daerah, khususnya pada sektor pariwisata-kesenian dan kerajinan masyarakat yang sedari dulu menjadi primadona Tana Toraja secara umum. Kami juga menampilkan informasi sesuai dengan standar jurnalisme yang baku dan profesional. Prinsip-prinsip jurnalisme akan menjadi nadi yang mengaliri setiap pemberitaan yang kami sajikan. Akhir kata, Misa' Kada Dipotuo Pantan Kada di pomate, Majulah Negeriku, Majulah Torajaku, 100% Sejahterahlah Sang Toraya.